PENGARUH INTEGRITAS DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DISTRIK NAVIGASI TIPE A KELAS I BITUNG (Studi Kasus Layanan Master cable)

Authors

  • Catur Nugroho Prakoso Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author
  • Selly Mumu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author
  • Ratna Taliupan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author

Keywords:

Integritas, Kinerja, Kualitas Pelayanan Publik

Abstract

Kualitas pelayanan publik dapat dipengaruhi oleh faktor integritas dan kinerja pegawai. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Bitung diketahui kualitas pelayanan publik pada layanan telegram radio nakhoda (master cable) belum optimal. Hal tersebut didukung dengan pegawai belum memperlihatkan kesungguhan saat memberikan pelayanan yang mengindikasikan kurangnya integritas pegawai. Keadaan ini dilihat pegawai masih memberikan persyaratan yang dianggap menyulitkan pengguna jasa, tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan lambatnya pengurusan dokumen-dokumen yang disebabkan oleh faktor kinerja petugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh integritas pegawai terhadap kualitas pelayanan publik, kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik dan integritas dan kinerja pegawai secara simultan terhadap kualitas pelayanan publik pada Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Bitung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi yaitu 229 orang. Berdasarkan rumus slovin, maka sampel yang digunakan penelitian ini adalah 70 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi dan sebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan integritas dan kinerja pegawai baik secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik pada Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Bitung

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Mulyadi, D. (2018). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refka Aditama.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmawan, E. D., dan Sudewa, J. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 4(2), 680-687.

Lase, P. P. (2021). Pengaruh Integritas dan Profesionalisme Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Publik. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(2), 135-144. ISSN: 2550-0147.

Nurjannah, L. (2021). Pengaruh Integritas dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Administrasi Politik dan Sosial, 3(1). ISSN: 2722-1601.

Yuliasmi, Y. (2020). Pengaruh Integritas Aparatur Sipil Negara (ASN) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 2(8), 80-90.

Islamiyah, A. N., Alyas, A., dan Parawu, H. E. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(5), 1874-1891.

Downloads

Published

2024-02-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH INTEGRITAS DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DISTRIK NAVIGASI TIPE A KELAS I BITUNG (Studi Kasus Layanan Master cable). (2024). Tangkoko: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 1-10. https://ejournal.stiepetrabitung.ac.id/index.php/JT/article/view/1