PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN(Studi Kasus Pelaku UMKM di Kecamatan Matuari)
Keywords:
Pemanfaatan Media Sosial, Volume PenjualanAbstract
Perkembangan teknologi informasi mendorong pelaku UMKM memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran digital. Facebook menjadi media utama karena gratis, mudah digunakan, dan mampu menjangkau pasar luas. Namun, sebagian besar UMKM di Kecamatan Matuari masih menggunakan Facebook secara organik tanpa fitur iklan berbayar, sehingga promosi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap volume penjualan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner kepada 102 responden pelaku UMKM pengguna aktif Facebook. Variabel pemanfaatan media sosial diukur melalui indikator relationship, komunikasi, dan interaksi pasca pembelian, sedangkan volume penjualan diukur melalui jumlah unit produk terjual, frekuensi transaksi, dan jumlah pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial memiliki pengaruh terhadap volume penjualan. Penggunaan media sosial secara konsisten dan strategis dapat meningkatkan penjualan serta mendukung pertumbuhan usaha UMKM.
References
Amar, & Soegiastuti, J. (2023). Etika Penggunaan Media Sosial Dan Digitalisasi Bagi Umkm Di Kelurahan Mijen Kota Semarang. Fokus Abdimas |, 2(1), 45–48.
Ayuni, Q., Cangara, H., & Arianto, A. (2019). The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2).
Batu Bara, A. (2022). Pemanfaatan dan aplikasinya dalam kehidupan. Jakarta: Penerbit Ilmu Mandiri
Indika, D. R. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. 01, 25–32.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2020). Social media: Back to the roots and back to the. future. Journal of systems and information technology,22(2), 103-126
Karim, A., Labuhanbatu, U., Purnama, I., Labuhanbatu, U., Harahap, S. Z., Labuhanbatu, U., & Labuhanbatu, U. (2021). PENGANTARTEKNOLOGI INFORMASI (Issue January).
Khamaria, D. (2019). Penggunaan Media Sosial dlaam meningkatkan penjualan Sepeda Motor bekas pada Usaha Ayano Motor di Perawang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Kusuma, P., Sulastyawati, D., & Ghoni, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Strategi Pemasaran pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Curup. PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG .pdf
Pokhrel, S. (2024). Peranan Media Sosial Instagram Terhadap Peningkatan Penjualan Astra Credit Companies Cabang Jogja (1), 37–48.
Purbaya, G. R., & Rohma, M. (2023). Pengaruh Pelayanan, Harga Serta Cara Pemasaran Terhadap Penjualan Toko Emas Rejeki Kediri. JUMBA: Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 2(1), 89–100.
Rowiyani, R., Mahiruna, A., Soleh, K., Robeth Suprayitno, M., & Maira Cahaya Putra, B. (2024). Dampak Media Sosial Shopee Terhadap Pendapatan Bisnis Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 4(1), 17–22.
Sendianto, S. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 85–94.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Cv. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reklin Chanthika Putri Kuangga, Dhian Theresia Kenanga, Putra Petra Dumgair (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


