ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTIDAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI

Authors

  • Feybe Nadia Yudas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author
  • Friska Langelo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author
  • Regina Beatrix Takakobi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author

Keywords:

Opini audit, Audit Going Concern

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis serta memberikan bukti empiris mengenai ukuran perusahaaan, solvabilitas, pertumbuhan perusahaan, opini audit sebelumnya dalam penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode 2019-2022 sebanyak 184 perusahaan dan menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel Sehingga terpilih 30. Perusahaan yang bergerak dalam bidang properti dan real estate dengan masa penelitian selama 2019-2022 (4 tahun) maka jumlah unit sampel penelitian adalah 120 data. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik mengunakan software SPSS (Statistical Package For Socoal Science) versi 29. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : analisis deskriptif, analisis regresi logistik, uji kelayakan regresi logitik, uji keseluruhan model, uji koefisien determinasi, uji klarifikasi matrix, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel  ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhdap opini audit going concern, solvabilitas tidak berpengaruh terhdap opini audit going concern, pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhdap opini audit going concern, dan opini audit tahun sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan sub properti dan real estate.

References

Agoes, S. (2017). Auditing Edisi 1. Jakarna: Salemba Empat.

Arens An Elde R dan Beasley, M. (2015). Auditing dan Jasa Assurarance. Jakarta: Erlangga.

Danang, S. d. (2015). Akuntasi Internasional. Yogyakarta: PT. Buku Seru.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS 28. Edisi 9. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponnegoro.

Ghozali, I. (2020). Desain Peneliti Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Akuntansi, Bisnis Dan Ilmu Sosial. Jakarta: Yoga Pratama.

Amrullah. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi opini audit going concern pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesi. Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi (UM) palopo, 1-22.

Ardhana, A. F. (2018). Pengaruh Profitablitas,Ukuran Perusahaa, dan Struktur Modal Terhadap Perusahaan (Studi pada perusahaan properto dan real estate di BEI. Jurnal Akuntasi, 20-35.

Dien, Y. s. (2018). Determinan Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Properti dan Real Estate. Jurnal Kajian Akuntansi, Vol (1) 1-10.

Jalil, M. (2019). Pengaruh Kondisi Keuangan dan Solvabilitas terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Kasus pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI). Jurnal Akuntnasi Dan Keuangan, 315-328.

Downloads

Published

2024-02-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTIDAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI. (2024). Tangkoko: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 11-21. https://ejournal.stiepetrabitung.ac.id/index.php/JT/article/view/2