ANALISIS PENERAPAN SISTEM KEUANGAN DESA DALAM  PENGELOLAAN BANTUAN DANA DESA DAN ALOKASI DANA DESA(STUDI KASUS PADA DESA LILANG)

Authors

  • Meilany Kesek Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author

Keywords:

Efektivitas, SISKEUDES, Dana Desa

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas penerapan sistem keuangan desa (SISKEUDES) dalam pengelolaan keuangan di Desa Lilang, untuk mengetahui dan menganalisis kendala penerapan sistem keuangan desa (SISKEUDES) dalam pengelolaan keuangan di Desa Lilang. Jenis penelitian menggunakan jenis deskriptif, dengan obyek penelitian yang dilihat dari Siskeudes: RPJM dan RKP Pemerintah Desa, data anggaran pendapatan pemerintah desa, data anggaran belanja desa, data anggaran penerimaan pembiayaan desa, data anggaran pengeluaran pembiayaan desa. Dokumen- dokumen output siskuedes: Laporan Penganggaran dan Laporan Penatausahaan, dan Laporan Pembukuan tahun 2021 sampai tahun 2022. Dimana pada penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan teknik analisis konten (content analysis) karena data yang akan diteliti memerlukan penjelasan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) yang ada pada Desa Lilang, Kecamatan Kema, mulai dari tahun 2018 sudah menggunakan sebuah Aplikasi dalam membuat laporan keuangan yakni dengan menggunakan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES), penerapan SISKEUDES pada Desa Lilang belum begitu optimal, terbukti dengan masih adanya beberapa kendala dalam penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Dalam hal penjabaran laporan keuangan desa, Desa Lilang juga memberikan informasi terkait laporan Realisasi Anggaran dan Laporan APBDes sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat Desa Lilang dalam hal pengelolaan keuangan desa. Pemerintah telah meluncurkan aplikasi siskeudes versi 2.0. Aplikasi ini sudah disesuaikan dengan pengelolaan keuangan desa yang terbaru yaitu permendagri 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

References

Awang, A. (2010). Implementasi Pemberdayaan Pemerintah Desa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BPKP, B. P. K. dan P. (2016). Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa. Jakarta.

IAI-KASP. (2015). Pedoman Asistensi Akuntansi Keuangan Desa. Jakarta: IAI. Indonesia. (2014a).

Undang-Undang Dasar No.6 Tahun 2014. Jakarta.

Indonesia. (2014b). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014. Jakarta.

Lusiono, E. F., & Suharman. (2017). Analisis Penerimaan Aplikasi Siskeudes di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(2), 163–172.

Nazir, M. (2016). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pratiwi, D. N., & Pravasanti, Y. A. (2020). Analisis Penggunaan Siskeudes dalam Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 20(2), 1–7.

Rivan, A., & Maksum, I. R. (2019). Penerapan Sistem Keuangan Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 9(2), 92–100.

Soemantri, B. T. (2010). Pedoman Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Bandung: Fokusmedia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Nurmala Sari, E., Ningsih, H. T. K., & Effendy, Y. (2015). Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar.

Sulina, I. G. A. T., Wahyuni, M. A., & Kurniawan, P. S. (2017). Peranan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Terhadap Kinerja Pemerintah DESA (Studi Kasus di Desa Kaba-kaba, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan). e- Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–12.

Sulistyowati, Citra, N., & Fitriyah, E. (2019). Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Studi Kasus pada Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 299–305.

Widjaja, H. (2013). Penyelenggaraan Otonomi Di Indonesia. Jakarta: PT raja Grafindo Persada.

Yuandika, N., Supheni, I., Budiono, & Suwandi. (2020). Penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKUEDES) Dalam Meningkatkan Penatausahaan Desa Sukoharjo Kecataman Wilangan Kabupaten Nganjuk. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(1), 23–32.

Downloads

Published

2024-02-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS PENERAPAN SISTEM KEUANGAN DESA DALAM  PENGELOLAAN BANTUAN DANA DESA DAN ALOKASI DANA DESA(STUDI KASUS PADA DESA LILANG). (2024). Tangkoko: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 22-29. https://ejournal.stiepetrabitung.ac.id/index.php/JT/article/view/3