PENGARUH ETIKA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KELURAHAN MANEMBO-NEMBO

Authors

  • Candra Agung Lukito Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author
  • Putra Petra Dumgair Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author
  • Toar Romario Sigar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author

Keywords:

Etika Pegawai, Kualitas Pelayanan

Abstract

Permasalahan yang mempengaruhi etika pelayanan dapat dilihat dari seberapa adil birokrat melayani masyarakat. Sebagai contoh, ketika seorang birokrat memprioritaskan keluarga daripada orang lain, keluarga yang datang dilayani terlebih dahulu meskipun orang lain datang lebih awal. Dalam hal kesetiaan, kesetiaan pegawai terhadap instansi sangat penting. Pegawai harus mampu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dengan menyisihkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk bekerja sama. Namun, sayangnya, ini belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik karena banyak karyawan masih datang terlambat ke kantor atau bahkan tidak datang sama sekali untuk membantu orang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh etika pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kelurahan Manembo-nembo. Teknik analisis yang dipakai yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Parsial (Uji t), Analisis Regresi Linier Sederhana, dan Koesfisien Determinasi dengan mengunakan bantuan aplikasi IBM Statistic SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai konstanta sebesar 20,117, yang menunjukkan konsistensi variabel kualitas pelayanan di Kelurahan Manembo-nembo.

References

Bartens, K. (2020). Etika Profesi. Gramedia Pustaka Utama.

Praja, J. S. (2014). Aliran-Aliran Filsafat dan Etika. Kencana Prenada Media Grub.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. PT. Raja Grafrindo persada.

Ruslan, R. (2011). Metode Penelitian: Publik Relation dan Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Sinambela, L. P. (2016). Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan dan Implementasi. PT.Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Falah, S., Subadi, W., & Noor, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pamarang Kiwa Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. JAPB, 3(2), 697–706.

Holilah, H. (2015). Etika Administrasi Publik. Journal Review Politik, 3(2), 232–255.

Mayasari, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Masyarakat di Desa Paulan, Colomadu Karanganyar. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 3(2), 2599–3410.

Pai, faisal putra, Pangkey, M., & Tampi, G. B. (2019). Pengaruh Etika Birokrasi terhdap Profesionalitas Pleyanan Publik di Kantor Camat Malalayang Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 223–243.

Samgar, A. (2021). Etika Pelayanan Publik (Studi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5235–5243.

Sinaga, J. O. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Nongsa Kota Batam. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(1).

Downloads

Published

2024-02-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH ETIKA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KELURAHAN MANEMBO-NEMBO. (2024). Tangkoko: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 30-40. https://ejournal.stiepetrabitung.ac.id/index.php/JT/article/view/4