PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ONLINE MARKETPLACE SHOPEE(STUDI KASUS MAHASISWA STIE PETRA BITUNG)

Authors

  • Irmawati Kadir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author
  • Dhian Theresia Kenanga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author
  • Donald Michi Kasetty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Author

Keywords:

Customer Review, Customer Rating, Keputusan Pembelian

Abstract

E-commerce adalah proses di mana konsumen membeli barang, jasa, dan lain-lain langsung dari penjual melalui internet secara interaktif dan real-time tanpa perantara. Ulasan pelanggan online adalah bentuk kata elektronik dari mulut ke mulut (eWOM). Belanja online merupakan trend yang kini telah merambah dunia sekolah dan kampus. Pesatnya perkembangan teknologi internet telah menyebabkan perubahan di kalangan mahasiswa, termasuk mahasiswa di STIE Petra Bitung. Perubahan perilaku ini terlihat pada kebiasaan berbelanja mahasiswa yang dulunya membeli langsung dari pasar atau mall terdekat, kini lebih memilih belanja online.Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel online customer review dan online customer rating secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online. Secara parsial variabel Online Customer Review berpengaruh signifikan dengan nilai sebesar 0.03 < 0.05 dan nilai thitung 2.217 > ttabel 1.989 maka dapat dinyatakan bahwa H1 diterima. Sedangkan variabel online customer rating tidak berpengaruh secara parsial dengan menunjukkan nilai signifikansi uji parsial sebesar 0.129 < 0.05 dan nilai thitung 1.546 > ttabel 1.989 maka dapat dinyatakan bahwa H2 ditolak.

References

Fahmi, I. (2014). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi, Edisi 2. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Amstrong. (2013), prinsip-prinsip pemasaran edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip., and Keller, Kevin L. (2017). Marketing Management (15th Edition). Pearson Education,Inc.

Lackermair, G., Kailer, D. & Kanmaz, K., (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer ’ s Perspective. , 1(1), pp.1–5.

Pratama, I Putu Agus E. (2015). E-commerce, E-Business, dan Mobile commerce. Informatika : Bandung

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D [Quantitative and qualitative and R & D research methods]. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Ahmad Farki, Imam Baihaqi, dan Berto Mulia Wibawa. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh November. Thesis

Auliya, Z. F., Rifqi, M., Umam, K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Customer Review (OTRs) dan Rating Kekuatan baru pada Pemasaran Online di Indonesia. 89–98.

Filieri, R. (2014). What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. Journal of Business Research, 68(6), 1261–1270.

Kannaiah, E. (2015). Pengaruh rating dan online customer review terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace shopee. fakultas universitas Muhammadiyah makassar.

Latifa, M., & Harimukti. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Lazada di Kecamatan Rumbio Jaya. Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sari, Fauzi. (2021). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian online Di E-Commerce pada mahasiswa UMSU. Fakultas universitas Muhammadiyah sumatera utara.

Downloads

Published

2024-02-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ONLINE MARKETPLACE SHOPEE(STUDI KASUS MAHASISWA STIE PETRA BITUNG). (2024). Tangkoko: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 41-50. https://ejournal.stiepetrabitung.ac.id/index.php/JT/article/view/5